Selasa, 16 Desember 2014

TUAS



PESAWAT SEDERHANA
“TUAS”
Pada sub Bab ini, kita akan mempelajari tentang pesawat sederhana yang menjadi dasar dari pesawat rumit yang sering kamu temui misalnya, sepeda, mobil dan pesawat terbang.
Kamu mungkin pernah melihat atau memiliki sepeda dengan beberapa roda gigi terpasang pada bagian belakang rodanya. Roda gigi merupakan salah satu jenis pesawat jenis pesawat sederhana, selain tuas, bidang miring dan katrol. Untuk memahami dan mengetahui lebih jelas tentang pesawat sederhana, pelajarilah uraian berikut dengan seksama.
            Dalam kehidupan sehari-hari, kamu selalu membutuhkan tuas untuk meringankan dan membantu aktivitasmu. Alat apa sajakah yang termasuk tuas? Beberapa diantaranya telah kamu kenal, seperti alat pencabut paku, gunting, linggis dan pembuka botol.
Alat pencabut paku, gunting dan pengungkit kayu pada dasarnya merupakan suatu pesawat sederhana yang memiliki satu engsel atau satu tumpuan. Alat pencabut paku (tang) dan gunting terdiri atas dua batang tuas yang bertumpu pada satu engsel. Adapun pengungkit terdiri atas satu lengan dengan satu tumpuan. Lengan pengungkit tersebut terbagi menjadi dua. Pertama, lengan beban, yaitu lengan yang berhubungan dengan beban yang ingin diungkit.           
Kedua, Lengan Kuasa, yaitu lengan yang berhubungan dengan gaya yang diberikan. Dengan bantuan alat-alat tersebut, kamu akan lebih mudah melakukan pekerjaan, bukan?
          Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa tuas ialah pesawat sederhana berupa suatu lengan yang bergerak untuk melakukan gerak berputar pada titik tumpu atau titik putar. Jika ujung yang terjauh dari titik tumpu ditarik ke bawah dengan suatu gaya, ujung lainnya akan terangkat dengan gaya yang lebih besar daripada berat beban sehingga pemindahan beban menjadi lebih ringan. Dengan demikian, gaya yang kecil apat meindahkan beban yang lebih besar. Perbandingan antara berat beban dan gaya dinyatakan sebagai berikut:

Jenis- jenis Tuas atau Pengungkit
         a.     Tuas Golongan Pertama
Pada tuas golongan pertama, kedudukan titik tumpu terletak di antara beban dan kuasa. Contoh tuas golongan pertama ini di antaranya adalah gunting, linggis, jungkat-jungkit, dan alat pencabut paku.
Jenis Pertama: Pengungkit ini, dengan tumpuan terletak antara gaya kuasa dan  gaya beban, biasanya digunakan untuk melipatkan gaya.
b.    Tuas Golongan Kedua
Pada tuas golongan kedua, kedudukan beban terletak di antara titik tumpu dan kuasa. Contoh tuas golongan kedua ini di antaranya adalah gerobak beroda satu, alat pemotong kertas, dan alat pemecah kemiri, pembuka tutup botol.
Jenis Kedua: Beban terletak antara gaya kuasa dan tumpuan. Pengungkit ini melipatkan gaya.
c. Tuas golongan ketiga
Pada tuas golongan ketiga, kedudukan kuasa terletak di antara titik tumpu dan beban. Contoh tuas golongan ketiga ini adalah sekop yang biasa digunakan untuk memindahkan pasir.
Jenis Ketiga: Gaya kuasa terletak di antara gaya beban dan tumpuan. Lengan kuasa selalu lebih pendek daripada lengan beban, sehingga pengungkit ini tidak dapat melipatkan gaya dan keuntungan mekaniknya selalu kurang satu.

1 komentar:

  1. materi tentang tuas telah dijelaskan dengan lengkap.. namun akan lebih menarik jika dilengkapi gambar.. terima kasih infonya.. blognya bagus.. siip deh

    BalasHapus