Selasa, 16 Desember 2014

BESARAN TURUNAN



BESARAN TURUNAN

Besaran adalah segala sesuatu yang memiliki nilai dan dapat dinyatakan dengan angka. Besaran Turunan adalah besaran yang terbentuk dari satu atau lebih besaran pokok yang ada. Misalnya adalah luas didapat dari mengalikan panjang dengan lebar. Perhatikan, panjang dan lebar merupakan besaran pokok panjang. Dalam SI panjang mempunyai satuan meter. Maka luas dalam SI memiliki satuan m2.
Terdapat beberapa besaran turunan yang dapat kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari antara lain : luas, volume, kecepatan dll. Bagaimana kamu dapat menentukan dan mengukur besaran turunan? Kamu dapat melakukan pengukuran dengan dua cara yaitu secara langsung dan tidak langsung. Misalnya, menentukan kecepatan sepeda motor yang mempunyai satuan m/s. Kamu dapat melakukan pengukuran langsung yaitu dengan menggunakan spidometer, sedangkan pengukuran tidak langsung menggunakan rol meter untuk mengukur jarak tempuh dan stopwatch untuk mengukur waktu tempuh. Hasil bagi antara jarak tempuh dengan waktu tempuh menghasilkan kecepatan. Kecepatan termasuk besaran turunan karena satuannya diperoleh dari besaran pokok panjang dan waktu.
Beberapa besaran turunan sebagai berikut:
Tabel 1. Besaran turunan dan rumusnya
Besaran turunan dan lambangnya
Rumus
Satuan dan singkatan
Luas (L)
L = p x l
Meter persegi (m2)
Volume (V)
V = p x l x t
Meter kubik (m3)
Kecepatan (v)
v = s / t
Meter per sekon (m/s = ms-1)
Percepatan (a)
a = v / t
Meter per sekon kuadrat (m/s = ms-2)
Massa jenis (ρ)
ρ = m / V
Kiloggram per meter kubik (kg/m3)
Gaya (F)
F = m x a
Kilogram meter per sekon kuadrat (kg m/s2)

1.  Besaran Luas
Bagaimana kamu dapat menentukan luas sebidang tanah yang bentuknya bujursangkar?. Tentu kamu dapat menentukannya dengan cara mengukur panjang sisi-sisinya kemudian kamu hitung dengan rumus :
Luas = sisi x sisi. Untuk mengukur luas dari benda teratur dapat menggunakan rumus yang telah ada. Lihat tabel 2!
 
Tabel 2. Rumus-rumus luas benda teratur

 


Bagaimanakah cara mengukur luar benda yang berbentuk tidak teratur, misalnya mengukur luas sehelai daun?

  2. Besaran Volume
Pernahkah kamu melakukan pengukuran volume suatu bidang berbentuk kubus? Tentu kamu dapat melakukannya yaitu dengan cara mengukur panjang sisi-sisinya kemudian kamu hitung dengan rumus:
Volume = sisi x sisi x sisi

Tabel 3. Pengukuran langsung volume suatu bidang yang bentuknya teratur


 
 




Tabel di atas digunakan untuk menentukan volume suatu benda yang bentuknya teratur, dalam benak kalian tentu bertanya bagaimana cara menentukan volume benda yang bentuknya tidak teratur? Misalnya batu, penghapus, gunting dll. Tentu ada cara yang dapat dilakukannya. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengukur volume zat padat secara tidak langsung, yaitu : dapat menggunakan volume zat cair yang dimasukkan pada gelas ukur.
Berikut merupakan satuan air yang umum digunakan beserta konversinya kebentuk lain.
1 liter      = 1 dm3
1 liter      = 1000 cc
1 liter      = 1000 ml
1000 liter = 1 m3
1 ml         = 1000 mm3
1 kg         = 1 liter
100 gram = 0,1 liter                     
1 m3        = 1000 liter
1 dm3      = 1 liter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar